Breaking News

Tridharma Paguyuban Mahasiswa Surya University di Umbulrejo

Kegiatan pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat merupakan salah satu Tridharma mahasiswa, yang meliputi penyuluhan, pelatihan, kajian tindakan, pembinaaan dan pendampingan, pengembangan kewirausahaan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, implementasi hasil penelitian dan inovasi yang dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Sanggar Pasinaon Mahasiswa Jawa Timur Surya University atau disebut Sangpawaja Surya University menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 03-08 Januari 2015 di Dusun Ngadirejo, Desa Umbulrejo, yang terletak di Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.

Kondisi di desa tersebut sendiri terlihat banyak sampah organik maupun non organik yang berserakan, sistem pendidikan yang terbatas, kesulitan mendapatkan sumber air bersih, dan biaya listrik yang mahal. Permasalahan yang timbul tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan lingkungan, sanitasi air, dan listrik.

Di sana mahasiswa Surya University melakukan identifikasi masalah dan juga menyerap aspirasi / keinginan masyarakat dengan cara dibagi menjadi 3 kelompok divisi yaitu Divisi Lingkungan, Divisi Pendidikan dan Kesehatan, dan Divisi Pengamat (pertanian, perternakan, sanitasi air, listrik dan monografi desa).

Program kerja Divisi Lingkungan adalah membuat pupuk kompos dari bakteri, membantu warga desa bercocok tanam, memanen hasil tanaman, membantu menjual hasil panen dan kerja bakti. Program kerja Divisi Pendidikan dan Kesehatan sendiri adalah melakukan berbagai kegiatan di Sekolah Dasar yaitu lomba menggambar, cerdas cermat, demo sikat gigi dan cuci tangan, pembagian konsumsi, serta kegiatan dengan anak-anak desa yang bekerja sama dengan posyandu dan pengajaran mengaji. Program kerja Divisi Pengamat melakukan penelitian langsung di bidang pertanian, perternakan, sanitasi air dan listik untuk mecari solusi dari permasalahan warga desa tersebut. Sangpawaja Surya University memberikan bantuan sembako dan bantuan dana kepada warga desa tersebut.

“Warga desa Umbulrejo menerima kami dengan sangat baik, menaruh harapan dan kepercayaan kepada kami, agar kami sebagai mahasiswa Surya University dapat memajukan dan mensejahterakan Desa mereka. Kegiatan ini merupakan awal pengabdian kami kepada masyarakat desa Umbulrejo. Kegiatan baik ini akan menjadi program kerja tahunan agar tercapai harapan Desa Umbulrejo menjadi desa yang di cita-citakan”, ungkap Thea Devina Ferlita, mahasiswa Program Studi Green Economy.

Sumber : www.surya.ac.id

Tidak ada komentar